Integrasi, Interkoneksi “Keislaman, Kebangsaan dan Nahdlatul Wathan” Perspektif Historis dari Nahdlatul Wathan untuk Indonesia.

Wandi Wandi, M. Arif Musthofa, Zaenal Abidin

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah diskursus yang menarik terkait Integrasi, Interkoneksi “Keislaman, Kebangsaan dan Nahdlatul Wathan” Perspektif Historis, karena melihat Organisasi ini termasuk Organisasi yang besar di Indonesia, dari gebrakan-gebrakan Organisasi ini patut juga kiranya untuk dikaji dari segi kontribusinya dibidang pendidikan, sosial keagamaan dan budaya. Jenis penelitian pada studi ini adalah studi pustaka dengan mengumpulkan buku-buku terkait mengenai gerakan organisasi Nahdlatul Wathan, ataupun subjek-subjek penelitian yang terkait dengan Nahdlatul Wathan dilengkapi dengan teori perubahan sosial menurut Max Weber. Hasilnya adalah diantara salah satu penyebab berdirinya Organisasi Nahdlatul Wathan adalah salah satunya adalah untuk mempersatukan umat Islam di wilayah timur Indonesia bahkan umat Islam di Indonesia dalam bingkai semangat ke arah yang lebih baik khususnya dalam bidang pendidikan, dengan gagasan itu lahir sebuah wadah organisasi keagamaan Islam yang memiliki kegiatan utama dalam bidang pendidikan, sosial dan dakwah Islamiah. Organisasi ini didirikan oleh Tuan Guru KH. Muhammad Zainuddin Abdul Madjid pada tanggal 1 Maret 1953. Sejak berdiri tahun 1953 tentunya sudah banyak sekali  kontribusi Organisasi Nadhlatul Wathan untuk Islam, bangsa ini.

 

Kata Kunci: Integrasi, Interkoneksi “Keislaman, Kebangsaan dan Nahdlatul Wathan”


Full Text:

PDF

References


Abdul Hayyi Nu'man & Sahafari As'ary, Organisasi Nahdlatul Wathan Di Bidang Pendidikan, Sosial dan Dakwah Islamiyah, (Pancor: Toko Buku Kita)1984, cet.1.

Abdul Majid Muhammad Zainuddin, Hizib Nahdlatul Wathan wa hizib Nahdlatul Banat, Pancor: Toko Buku Kita, cet.ke-74

Aziz Ahmad, Pemikiran Dan Pola Dakwah TGKH. M.Zaenuddin Abdul Majid, Laporan Penelitian,1999.

Baharuddin, Nahdltul Wathan dan Perubahan Sosial, (Yogyakarta: Genta Press, 2007), cet. 1.

Fahrurrozi, Eksistensi Pondok Pesantren di Lombok NTB: Studi Tentang Peranan Pondok Pesantren Nahdlatul Wathan dalam bidang Pendidikan, Sosial dan Dakwah, (Jakarta: PPS UIN Jakarta,2004).

------------Eksistensi Pondok Pesantren di NTB, dalam jurnal Pesantren Studies, (Jakarta: Depag RI, 2008).

Abdul Hayyi, Maulana Syaikh TG. KH. Muhammad Zainuddin Abdul Madjid, Biografi dan Perjuangannya, (NTB, PBNW, 2003),

Ma’shum Ahmad Abdul Madjid, BA, “Meneladani Kepemimpinan Hamzanwadi”, Makalah disampaikan pada acara Kongress HIMMAH NW V di Pancor pada tanggal 14 Mei 1994.

Muhammad Nur, dkk, Visi Kebangsaan Religius: Refleksi Pemikiran dan Perjuangan Tuan Guru Kyai Haji Muhammad Zainuddin Abdul Madjid 1904-1997, Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 2004, cet. 1.

Organisasi Nahdlatul Wathan, diakses pada tanggal 20 November 2018.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 


NUR EL-ISLAM indexed by: